BERITA

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata PPU Usulkan Babulu Laut Jadi Desa Wisata

KALTIM, Pos Liputan – Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, memiliki banyak objek wisata yang layak untuk dikembangkan salah satunya di Desa Babulu Laut Kecamatan Babulu.
Desa yang terletak sejauh kurang lebih 40 kilometer dari Ibukota Penajam Paser Utara ini menyimpan banyak kekayaan alam, salah satu objek wisata unggulan di Desa Babulu adalah sungai yang mengalir di sepanjang desa. Sungai ini memiliki air yang jernih dan bersih, serta dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang.

Sehingga usulan untuk menjadikan Desa Babulu Laut sebagai Desa Wisata tak hanya dari bonus wilayahnya. Tetapi karena pemuda yang ada di desa tersebut turut rutin melakukan gelaran festival seafood, dimana sempat masuk dalam kalender Event Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023.
Hal tersebut juga diakui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) PPU, Andi Israwati Latief. Ia mengatakan bahwa Desa Babulu Laut memiliki potensi yang memadai untuk dijadikan desa wisata, karena memiliki berbagai keunggulan, seperti akses yang mudah, fasilitas yang memadai, serta SDM yang terampil dan desa ini telah masuk dalam daftar even festival di Provinsi Kalimantan Timur

“Ini sudah masuk even festival di Provinsi Kaltim, dari 166 festival yang ada, Babulu adalah salah satunya,” ungkapnya.