BERITA

Disbudpar PPU Gelar Malam Grand Final Duta Wisata Benuo Taka 2024, Andi Israwati : Merupakan Regenerasi Duta Wisata

PENAJAM, Malam puncak Grand Final pemilihan Duta Wisata Dan Putri Pariwisata Benuo Taka 2024. Kegiatan akbar tersebut dihelat di alun-alun Halaman Kantor Bupati Penajam Paser Utara, KM 9 Kelurahan Nipah-nipah, Sabtu malam (29/06/2024).

Kegiatan yang diikuti 20 peserta yang terdiri dari putra dan putri terbaik Penajam Paser Utara (PPU), dari tingkat siswa nenengah atas hingga mahasiswi perguruan tinggi.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten PPU yang bertindak sebagai pelaksana kegiatan, melalui Kepala Dinas Andi Israwati Latief mengungkapkan bahwa pemilihahan Duta Wisata dan Putri Pariwisata merupakan langkah dalam upaya melakukan regenerasi.

“Kegiatan seperti ini kami kami gelar dalam setiap tahunnya untuk menemukan generasi baru dan generasi penerus duta wisata,” ungkap Andi Israwati.

Selain itu, Kepala Disbudpar yang kerap disapa dengan panggilan bunda ini juga mengatakan bahwa duta wisata memiliki peran yang cukup penting dalam pembangunan pariwisata yang ada di PPU.

“Mereka yang menjadi duta wisata tugas dan tanggug jawabnya sebagai mitra Disbudpar dalam kepariwisataan khususnya dalam promosi wisata”, katanya.

Untuk itu menurut dia, pemilihan dilakukan secara terbuka transparan dan seprofesional mungkin yang tidak hanya melihat tampilan dari luar saja, akan tetapi lebih kepada keilmuan dan pengetahuan tentang pariwisata serta atitude.

“Untuk penilaiannya sendiri kita melihat beberapa aspek dari kepribadian mereka, salahsatunya pengetahuan dan kemampuan berkomunikasinya,” ujarnya.

Dalam menentukan hasil terbaik dan pemenang duta wisata dan putri pariwisata benuo taka tahun 2024,Disbudpar PPU menghadirkan juri terbaik dan berpengalaman dbidang kepariwisataan diantaranya, Ketua Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Provinsi Kalimantan Timur, Ketua TP PKK Kabupaten PPU, serta Ketua Perhimpunan Hotel dan Restotan Indonesia (PHRI) Kabupaten PPU.